Manfaat Herba Brotowali

Brotowali memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam brotowali di antaranya alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, zat pahit pikroretin, palmatin, kolumbin (akar), tinokrisposid dan kokulin (pikrotoksin).

Efek farmakologis brotowali di antaranya memiliki sifat analgetik yaitu dapat menghilangkan rasa sakit dan antipiretik yaitu mampu menurunkan panas, melancarkan cairan limpa, meningkatkan sekresi salifa, dan efek sedatif. Dalam farmakologis bangsa China, brotowali dikenal memiliki rasa pahit tetapi bersifat menyejukan.

Bagian tanaman yang digunakan untuk terapi herbal adalah bagian batang terutama kulitnya. Brotowali di perbanyak dengan cara stek, cukup memotong batangnya dan menanamnya di tanah yang gembur dan cukup air. Penyiraman untuk menjaga kelembapan tanah dan pemupukan yang baik akan merangsang pertumbuhan brotowali.

Brotowali yang banyak dimanfaatkan batangnya merupakan salah satu tanaman utama dalam penyembuhan diabetes atau kencing manis. Tanaman pelengkapnya dalam satu ramuan, misalnya temulawak atau kunyit, daun sambiloto, dan daun kumis kucing.

Brotowali memiliki kandungan curcumin yang sama dimiliki oleh kunyit, namun peresentase ekstrak brotowali lebih banyak dibandingkan dengan kunyit. Berdasarkan penelitian farmakologi, ektrak brotowali mampu menaikkan kadar insulin plasma, sehingga dapat mengendalikan diabetes mellitus. Di sisi lain, ekstrak kunyit merupakan suatu antioksidan yang mampu melindungi organ tubuh dari radikal bebas, serta menurunkan kadar kolesterol dan fosfolipid darah. Dnegan demikian, gabungan antara ekstrak brotowali dan kunyit ini mampu memperbaiki metabolisme tubuh dengan cara mengatur kadar gula darah seoptimal mungkin. Di samping itu, gabungan ekstrak ini mampu melindungi hati dan pankreas dari radikal bebas.


=====================================

>>> Kapsul Brotowali Untuk Membantu Mengatasi Rematik, Demam Kuning, Kencing Manis (Diabetes) dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Brotowali and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>