Manfaat Herba Brotowali

Manfaat Herba Brotowali  – Brotowali memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam brotowali di antaranya alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, zat pahit pikroretin, palmatin, kolumbin (akar), tinokrisposid dan kokulin (pikrotoksin).

Manfaat Herba Brotowali

Manfaat Herba Brotowali

Efek farmakologis brotowali di antaranya memiliki sifat analgetik yaitu dapat menghilangkan rasa sakit dan antipiretik yaitu mampu menurunkan panas, melancarkan cairan limpa, meningkatkan sekresi salifa, dan efek sedatif. Dalam farmakologis bangsa China, brotowali dikenal memiliki rasa pahit tetapi bersifat menyejukan.

TANAMAN BROTOWALI

Bagian tanaman yang digunakan untuk terapi herbal adalah bagian batang terutama kulitnya. Brotowali di perbanyak dengan cara stek, cukup memotong batangnya dan menanamnya di tanah yang gembur dan cukup air. Penyiraman untuk menjaga kelembapan tanah dan pemupukan yang baik akan merangsang pertumbuhan brotowali.

Brotowali yang banyak dimanfaatkan batangnya merupakan salah satu tanaman utama dalam penyembuhan diabetes atau kencing manis. Tanaman pelengkapnya dalam satu ramuan, misalnya temulawak atau kunyit, daun sambiloto, dan daun kumis kucing.

KANDUNGAN BROTOWALI

Brotowali memiliki kandungan curcumin yang sama dimiliki oleh kunyit, namun peresentase ekstrak brotowali lebih banyak dibandingkan dengan kunyit. Berdasarkan penelitian farmakologi, ektrak brotowali mampu menaikkan kadar insulin plasma, sehingga dapat mengendalikan diabetes mellitus. Di sisi lain, ekstrak kunyit merupakan suatu antioksidan yang mampu melindungi organ tubuh dari radikal bebas, serta menurunkan kadar kolesterol dan fosfolipid darah. Dnegan demikian, gabungan antara ekstrak brotowali dan kunyit ini mampu memperbaiki metabolisme tubuh dengan cara mengatur kadar gula darah seoptimal mungkin. Di samping itu, gabungan ekstrak ini mampu melindungi hati dan pankreas dari radikal bebas.

MANFAAT TANAMAN BROTOWALI

Tanaman brotowali merupakan salah satu jenis tanaman herbal dengan segudang manfaat. Manfaat herba brotowali beberapa diantaranya adalah :

  1. Manfaat herbal brotowali untuk gatal-gatal
    Cara membuat ramuan brotowali untuk mengatasi gatal-gatal adalah dengan merebus 20 batang brotowali menggunakan 2 gelas air sampai yang tersisa hanyalah setengahnya saja. Kemudian diamkanlah sampai dingin, dan pakailah air rebusan tadi untuk mencuci atau merendam bagian yang gatal. Lakukanlah sebanyak 2 kali dalam sehari.
  2. Manfaat herbal brotowali untuk penyakit kencing manis
    Cara membuat ramuan ini adalah ambilah 1/3 genggam daun sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing, ¾ jari kurang lebih 6 cm batang brotowali. Cucilah semua bahan sampai bersih, kemudian dipotong-potong dan setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai yang tersisa adalah 2 gelas saja. Kemudian minumlah ramuan ini setelah makan dengan dosis 2 kali dalam sehari. Setiap kali minum Anda bisa minum 1 gelas saja.
  3. Obat demam kuning
    Cara membuat ramuan obat demam kuning adalah ambil 1 jari batang brotowali, kemudian dicuci dan setelah itu dipotong-potong, rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air sampai yang tersisa adalah 1 ½ gelas saja. Minumlah dengan menggunakan madu secukupnya saja. Minum sehari 2 x dengan dosis ¾ gelas dalam sekali minum.
  4. Obat rematik
    Manfaat herba brotowali untuk mengatasi reumatik memang sudah terkenal sejak dulu. Cara membuat ramuan ini adalah ambil 1 jari batang brotowali, kemudian dicuci sampai bersih dan setelah itu potonglah seperlunya saja. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai yang tersisa adalah 1 ½ gelas saja. Dinginkan dengan cara disaring, dan tambahkanlah madu murni secukupnya saja. Minumlah sehari 3 x ½ gelas.
  5. Obat demam
    Cara membuat ramuan obat demam dari memanfaatkan herba brotowali adalah ambil 2 hari batang brotowali kemudian direbus dengan menggunakan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa hanya 1 gelas saja. Jika sudah dingin, maka minumlah dengan menggunakan madu murni secukupnya saja. Anda perlu meminumnya 2 x ½ gelas dalam sehari.

Tanaman brotowali ini memang sekilas mirip dengan tanaman daun sirih, namun jika Anda mencermatinya lebih dekat maka mereka akan terlihat berbeda. Secara turun temurun, tanaman daun brotowali ini digunakan untuk membantu mengatasi berbagai gangguan penyakit seperti :

  1. Mengobati sakit rematik artritis
  2. Nyeri sendi pinggul
  3. Memar
  4. Demam
  5. Meningkatkan nafsu makan
  6. Demam kuning
  7. Mengatasi kencing manis
  8. Penyakit malaria

Jamu yang terbuat dari ramuan tradisional merupakan salah satu alternatif lain yang diterapkan oleh mereka yang sakit dan banyak digunakan dengan berbagai tujuan untuk membantu mengatasi penyakit ringan, membantu melakukan pencegahan, dan juga untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan untuk membantu meningkatkan kecantikan seorang wanita.

Informasi mengenai brotowali dan manfaat herba brotowali ini semoga saja bermanfaat untuk Anda semua dan bisa Anda buat atau olah sendiri dirumah untuk membantu mengobati keluarga Anda yang sakit. Atau mungkin saja bisa membuat Anda berpikir untuk membudidayakan daun brotowali ini sebagai tanaman obat dirumah.

Manfaat Herba Brotowali

Cara Pemesanan Kapsul Brotowali
Untuk Membantu Mengatasi Rematik, Demam Kuning, Kencing Manis (Diabetes) dan Penyakit Lainnya

Harga Brotowali Kapsul

Harga Brotowali Kapsul

Harga Kapsul Brotowali 1 Botol isi 80 Kapsul = Rp.95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Brotowali, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Kapsul Brotowali Untuk Membantu Mengatasi Rematik, Demam Kuning, Kencing Manis (Diabetes) dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Brotowali and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>